Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tes Mental Ideologi (MI) Masuk TNI

Tes Mental Ideologi (MI) Masuk TNI - TNI merupakan singkatan dari Tentara Nasional Indonesia. TNI merupakan pasukan bersenjata yang dimiliki Negara Indonesia. Awal mulanya, lembaga ini diberi nama Tentara Keamanan Rakyat kemudian berubah lagi menjadi Tentara Republik Indonesia, pada akhirnya berganti nama ke Tentara Nasional Indonesia hingga saat ini. TNI didirikan pada tanggal 5 Oktober 1945. Pekerjaan menjadi seorang tentara TNI banyak diminati oleh masyarakat. Selain karena memiliki peran penting untuk Negara, pekerjaan tentara memiliki gaji yang tercukupi beserta tunjangannya yang banyak.

Tetapi, untuk bergabung ke dalam lembaga ini memerlukan perjuangan yang melelahkan dan memiliki tes masuk yang ketat. Peserta calon tentara harus melewati begitu banyak tes yang ketat. Salah satu tes yang membuat peserta sering kali mengalami kesulitan adalah tes mental ideologi. Tes ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana wawasan yang dimiliki peserta berkaitan dengan kebangsaan. Jadi tes untuk menjadi seorang tentara tidak semanya fokus pada fisik dan mental saja, masih ada tes yang memerlukan intelektual untuk bisa lolos seleksi.

Apa itu Tes Mental Ideologi?

Tes Mental Ideologi dalam tahap seleksi menjadi calon tentara merupakan serangkaian tes dengan tujuan mengetahui serta mengukur mental peserta yang juga melibatkan wawasan atau pengetahuannya tentang kebangsaan.

Seperti yang diketahui, menjadi bagian dari TNI, Anda akan mengembang tugas dan tanggungjawab yang sangat besar, bahkan sedia untuk mempertaruhkan jiwa dan raga untuk Indonesia. Karena itu, untuk memastikan dan juga mengembangkan tingkat keberhasilan peserta, diperlukan beberapa tes di antaranya tes akademik, kesehatan, jasmani dan postur, psikologi, penampilan, dan mental ideologi. Tes ini tidak lah mudah dan sederhana karena terbagi atas dua jenis yaitu secara tertulis dan melalui wawancara.

Contoh Tes Mental Ideologi (MI) Masuk TNI

Saat melakukan tes, Anda akan diuji dalam beberapa tema sebagai berikut:

1. Materi TNI/Polri

Dalam tema tes yang satu ini, Anda akan diwawancarai atau diberikan lembar soal yang berkaitan dengan TNI/Polri. Seperti apakah Anda pernah mendaftar di TNI/Polri, apa tujuan mendaftar sebagai TNI/Polri, atau pertanyaan untuk mengetahui apakah peserta memiliki koneksi atau kerabat yang berada di lingkungan TNI/Polri.

2. Materi Keagamaan

Bergabung sebagai Tentara Nasional Indonesia juga menjunjung tinggi keagamaan karena agama merupakan pondasi dasar suatu pribadi individu. Dalam tes, Anda akan ditanyai tentang agama atau keyakinan yang dipercayai. Apabila Anda seorang muslim, pertanyaan yang sering muncul adalah menyebutkan rukun Islam dan rukun iman dalam agama Islam. Kemudian kemampuan Anda dalam membaca Al-Qur’an juga dipertanyakan dalam tes ini.

3. Materi Pancasila

Peserta akan ditanyai tema seputar pancasila dan komunis. Seperti menyebutkan dasar Negara Indonesia, lambang NKRI, pengertian pancasila, menyebutkan pancasila, pengertian UUD 1945, alenia UUD 1945, pembukaan UUD 1945, dan lainnya. Kemudian dari segi komunis, Anda akan diwawancarai tentang apa itu komunisme, siapa pencetus komunisme, apa itu PKI berapa kasus pemberontakan PKI di Indonesia, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kasus-kasus komunisme atau PKI di Indonesia.

Fungsi Serta Tugas TNI

Sekarang, Anda mengerti apa yang harus dilakukan saat menghadapi tes mental ideologi dan definisinya. Satu hal yang harus Anda perhatikan dan benar-benar kuasai materinya adalah fungsi serta tugas seorang Tentara Nasional Indonesia. Tugasnya secara jelas bisa dilihat pada UU RI No. 34 Tahun 2004 tentang TNI pasal 7 terkait tentang tugas pokok TNI.

Bunyi pasal tersebut menegaskan bahwa seorang TNI memiliki tugas pokok yang harus dijalankan yaitu menegakkan kedaulatan negara sebagai UUD 1945 sebagai dasarnya. Seorang TNI juga harus menjaga dan melindungi segenap tumpah darah dan bangsa Indonesia dari segala ancaman yang menimpa bangsa dan negara.

Kesimpulan

Tes mental ideologi (MI) untuk masuk TNI memerlukan beberapa persiapan. Pada tes ini, semuanya berfokus pada jawaban intelektual dan keadaan mental Anda. Berdasarkan contoh-contoh pertanyaan di atas, Anda harus menguasai beberapa tema meliputi TNI/Polri, kepercayaan atau agama, dan seputar komunisme, dan pancasila. Di luar ini, ada kemungkinan pertanyaan bertema lain akan keluar, namun tidak jauh dari kebangsaan dan pengabdian terhadap Negara.