Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Strategi Ampuh Lulus Program Prakerja

Apa Itu Program Kartu Prakerja?


Kartu Pekerja merupakan salah satu program yang dikembangkan oleh pemerintah untuk membantu dalam mengembangkan kompetensi kerja untuk para pengangguran yang sedang mencari pekerjaan. Tidak hanya pengangguran, target Kartu Prakerja telah diusahakan untuk tepat sasaran mengenai pekerja atau buruh yang mengalami pemutusan hubungan kerja dan para buruh yang ingin meningkatkan komptensi kerja.

Tidak hanya bergerak dalam upaya pengembangan kompetensi kerja, program ini juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas serta daya saing masyarakat dalam hal kerja dan pengembangan kewirausahaan. Pada tanggal 11 April 2020, program ini secara resmi membuka gelombang 1 untuk lapisan masyarakat yang membutuhkan. Kesuksesan program ini terlihat saat 11,4 juta orang telah menjadi penerima Kartu Prakerja yang dihitung mulai tahun 2020 sampai dengan 2021.


Tujuan Kartu Prakerja


Demi mewujudkan keberhasilan tepat sasaran program ini, pemerintah tidak tanggung-tanggung mengeluarkan anggaran. Pada tahun 2020, pemerintah mengeluarkan anggaran senilai Rp 20 triliun dan pada tahun 2021, mencapai 21,2 triliun. Ada satu hal yang sering kali disalahpahami oleh masyarakat tentang kehadiran Kartu Prakerja ini, yaitu apakah program ini menggaji para pengangguran? Jawabannya tidak.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produktivitas masyarakat dalam bekerja. Jadi program ini tidak menggaji siapapun seperti pengangguran, melainkan memberikan dana untuk para pengangguran sehingga mendapatkan opsi dalam meningkatkan kompetensi kerja dengan cara mengikuti pelatihan-platihan yang sesuai dengan keahlian individu. Lantas siapa sih target dari Kartu Prakerja ini? Tidak hanya pemuda pemudi yang tak memiliki riawat pendidikan tinggi, lulusan universitas ternama pun bisa mengikuti program ini jika membutuhkan peningkatan kompetensi kerja.

Melihat apa itu Prakerja dan manfaatnya bagi masyarakat yang membutuhkan, banyak masyarakat yang ingin mendaftar Prakerja. Tapi sayangnya, tingkat persaingan ternyata cukup tinggi karena slot Prakerja dengan jumlah pengangguran di Indonesia tidak seimbang. Karena itu, Anda perlu belajar mengenai tips dan trik atau strategi ampuh lulus Program Prakerja agar dapat diterima dalam program ini.

Strategi Ampuh Lulus Program Prakerja


1. Monitoring Pendaftaran


Untuk melakukan pendaftaran, Anda harus menunggu kapan gelombang pendaftaran Prakerja dibuka. Waktu tersebut terkadang tidak menentu, tetapi memiliki jadwal yang telah diperlihatkan kepada publik jauh sebelum hari pendaftaran. Untuk melihat jadwal gelombang terbaru pembukaan pendaftaran Prakerja, Anda bisa langsung menuju ke situs www.prakerja.go.id. Pada situs tersebut, Anda bisa melihat kapan gelombang pendaftaran dibuka dan informasi terupdate yang berkaitan dengan Prakerja.

Kenapa kita harus memperhatikan jadwal pendaftaran? Supaya Anda tidak ketinggalan atau kehabisan slot pendaftaran sehingga peluang diterima jauh lebih besar. Mengingat jumlah pelamar sangat banyak, jadi Anda harus bisa berada di garda terdepan untuk mendapatkan Kartu Prakerja tersebut. Seperti kata pepatah, siapa cepat dia dapat.

2. Mempersiapkan Segala Sesuatu


Ada banyak syarat untuk bisa melakukan pendaftaran Prakerja. Semuanya harus dipersiapkan jauh-jauh hari sehingga tidak kerepotan pada hari pendaftaran. Berdasarkan informasi dari para pendaftar dan website resminya, Anda memerlukan beberapa dokumen untuk diserahkan ketika pendaftaran, yaitu meliputi;

a) Foto/Scan KTP-Elektronik (Kartu Tanda Penduduk).

b) Kartu Keluarga (KK).

c) Dokumen-dokumen lain yang diminta dapat dilihat pada form pendaftaran.

Bagaimana jika KTP atau dokumen lain hilang? Jangan khawatir, karena pengurusan dokumen penting tersebut bisa diurus kembali untuk pembuatan ulang di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Daerah. Di sana, silahkan ajukan permohonan untuk melakukan pembuatan atau pergantian dokumen yang hilang.

3. Menyiapkan e-mail


e-mail merupakan hal penting dalam melakukan pendaftaran online, seperti pendaftaran Prakerja ini. Hampir semua orang telah memiliki e-mail mengingat media sosial memerlukan e-mail juga ketika mendaftar. Tetapi tidak menjamin bahwa semua orang mengerti penggunaan e-mail tersebut. Program Kartu Prakerja mengharuskan calon pemilik untuk menginput data melalui situs www.dashboard.prakerja.go.id dan harus memiliki e-mail untuk bisa mendaftar. Di sini lah banyak orang sering melakukan kesalahan.

Seperti memasukkan e-mail yang telah lama atau tidak aktif sehingga apabila diperlukan log-in di masa depan, pengguna akan kesulitan. Karena itu, disarankan untuk membuat akun e-mail baru di www.gmail.com dan mencatat username dan passwordnya. Atau Anda bisa menggunakan e-mail yang aktif dan sering Anda gunakan. Setelah membuat e-mail, Anda diharuskan sign-in atau membuat akun terlebih dahulu di situs Prakerja, di sini lah penggunaan e-mail yang telah Anda buat tadi.

4. Hati-Hati, Isi Form Dengan Benar!


Setelah akun situs Prakerja Anda telah dibuat, silahkan log-in menggunakan username dan password yang telah Anda pilih. Pada halaman register, Anda akan dihadapkan oleh begitu banyak form yang harus diisi. Anda tidak perlu bingung, cukup baca baik-baik apa yang diinginkan oleh form tersebut. Data yang dimintai sudah Anda persiapkan sebelumnya, seperti KTP, KK, dan informasi lain yang pastinya sudah Anda ketahui seperti identitas diri serta alamat rumah.

Form yang paling penting untuk diperhatikan adalah konsentrasi atau jurusan apa yang ingin dipilih. Anda harus memilih jurusan yang sekiranya sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Tapi mengingat Prakerja bertujuan untuk melatih pengangguran dalam satu titik keahlian tertentu, rasanya memilih minat yang berkaitan dengan Teknologi Informasi sangat direkomendasikan, karena di masa depan, bidang ini lah yang paling banyak dicari tenaga kerjanya.

5. Persiapan Ujian Masuk


Di sini lah fase paling menentukan untuk bisa masuk Prakerja. Anda harus menjawab 18 soal dalam kurung waktu 25 menit, atau setiap soal diberi waktu kira-kira 1.3 menit saja. Pertanyaan yang muncul tidak jauh berkaitan dengan materi pekerjaan. Anda bisa mempersiapkan diri dengan mencari referensi di internet untuk menambah wawasan dalam menjawab soal. Ketika ujian berlangsung, seperti kata guru waktu sekolah, jawab soal yang mudah dahulu.

6. Pengumuman Hasil


Hasil jerih parah Anda setelah menjawab soal akan terbayarkan maksimal 4 hari. Saat Anda lulus tes motivasi dan kemampuan dasar, Anda akan diberi dana Rp 1 juta ke akun Prakerja Anda. Tetapi dana ini tak dapat dicairkan dan hanya bisa digunakan untuk mendaftar pelatihan online yang merupakan mitra dari Prakerja. Selamat Anda telah lulus, dan manfaatkan dengan baik dana yang diberikan untuk pemerintah untuk Anda menuju masa depan yang cerah.

Hal yang Harus Diperhatikan


Bagaimana jika seandainya Anda gagal mengikuti tes program ini? Jangan berkecil hati, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Hal ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal, bisa jadi dokumen yang diserahkan tidak lengkap, nilai test Anda masih rendah, atau quota telah terpenuhi. Jangan khawatir, Anda dapat mencobanya pada gelombang selanjutnya. Apabila telah gagal 3 kali, ajukan surat yang berisikan pernyataan telah gagal 3 kali dan kirimkan ke e-mail kepesertaan@prakerja.go.id untuk mendapatkan kesempatan kembali.